Jaga Stamina, Perhatikan 4 Hal Ini Agar Tetap Fit Selama Perjalanan Mudik

Sudah siap pulang seminggu sebelum lebaran?

Teman Anda pasti berharap untuk bertemu keluarga dan kerabat Anda selama perayaan.

Pulang kampung atau mudik merupakan kebiasaan masyarakat Indonesia menjelang Lebaran.

Pulang kampung sudah menjadi tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia, apalagi di hari raya Idul Fitri ini.

Pasti banyak dari kita yang sudah lama merencanakan mudik, apalagi sekarang aturan mudik sudah dilonggarkan.

Di Indonesia, mudik sepertinya sudah menjadi tradisi tersendiri di kalangan umat Islam yang berada di luar negeri dan ingin berkumpul bersama keluarga di hari raya Idul Fitri.

Seperti perjalanan jauh pada umumnya, pulang kampung membutuhkan energi yang lebih banyak di dalam tubuh dibandingkan aktivitas sehari-hari lainnya. Dalam perjalanan pulang Anda kehabisan energi setelah waktu yang lama.

Agar tubuh tetap kuat dan bugar, sebelum pulang ke rumah sebaiknya menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi dan bergizi.

Selain santai dan mengikuti pola makan sehat untuk memastikan mudik sebelum Lebaran lancar dan aman, sebenarnya ada beberapa tips mudik sehat yang perlu diperhatikan. Sampai dengan publikasi yang diterima, Dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK. Ia juga membagikan tips mudik berikut ini:

Baca Juga: Melody Laksani Gembira Pulang Kampung Pertama Dan Bagikan Tips Mudik Lebaran Di Tengah Pandemi

1. Pastikan Anda cukup istirahat

Sehari sebelum perjalanan, pastikan Anda dan keluarga mendapatkan tidur yang cukup agar bugar dan segar jika harus mengendarai kendaraan pribadi.

Sementara itu, bila menggunakan transportasi umum seperti pesawat, bus, atau kereta api, usahakan untuk menghindari transportasi yang terlalu padat atau padat agar perjalanan pulang lebih nyaman dan mengurangi risiko sakit selama perjalanan. . Pastikan Anda mempelajari itinerary mudik ini terlebih dahulu.

2. Bawa obat-obatan pribadi Anda

Bawalah obat-obatan pribadi seperti pereda nyeri, obat flu, obat sakit kepala, obat flu, dan obat diare selama perjalanan.

Jika Anda memiliki penyakit tertentu, harap membawa suplemen makanan dan obat-obatan khusus. Hal ini berguna untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat berkendara.

Kita ingin pulang dengan selamat dan tetap sehat, bukan? Jaga diri dan keluarga di kota tujuan dengan konsisten menggunakan protokol kesehatan selama mudik dengan menjaga jarak aman, menghindari orang, memakai masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

Patuhi peraturan lalu lintas dan jaga kesehatan fisik dan mental Anda di jalan untuk menghindari kecelakaan.

Baca Juga: Bepergian dengan Aman, Ini 5 Tips Hindari Mabuk Saat Pulang Pergi Naik Bus Usai Lebaran

3. Siapkan bahan

Jika Anda masih dalam suasana puasa dalam perjalanan pulang, pastikan mengonsumsi sahur dengan pola makan seimbang. Jika Anda mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, kentang atau roti gandum sebagai sumber energi, pastikan untuk melengkapinya dengan protein hewani seperti ayam, daging, ikan dan telur serta protein nabati seperti tahu dan tempe.

Lengkapi menu sahur dengan sayur dan buah yang mengandung vitamin C serta zinc dan kalsium. Hindari makanan yang terlalu berminyak, gorengan, santan dan pedas saat sahur karena makanan ini dapat menyebabkan gas, kembung dan mulas sepanjang hari saat berpuasa. Pastikan konsumsi air tercakup bahkan saat fajar.

Haus dan lapar sering menyebabkan kantuk dan kecemasan, yang dapat mempengaruhi mengemudi. Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan makanan dan minuman selama perjalanan karena terkadang Anda harus sarapan dalam perjalanan.

Bawa bekal berupa hidangan utama dan lauk pauk. Tidak masalah jika menu sampingannya seperti sahur di pagi hari dan Anda bisa membawa buah-buahan seperti kurma dan susu untuk penambah energi.

Susu diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Susu mengandung zat gizi makro dan zat gizi mikro yang dibutuhkan tubuh.

Susu segar mengandung protein, kalsium, fosfor dan vitamin D yang baik untuk kekuatan tulang dan otot. Susu juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin E, seng dan selenium, yang berperan sebagai antioksidan dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain susu, kurma menjadi salah satu makanan pilihan saat berpuasa.

Menurut Pusat Data Makanan USDA (Departemen Pertanian Amerika Serikat), kurma kaya akan karbohidrat dan mengandung protein, lemak, serat, serta berbagai vitamin dan mineral. Kurma kaya akan karbohidrat seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa, yang merupakan sumber energi bagi tubuh selama 14 jam puasa.

Baca Juga: Tips Hemat Idul Fitri 2022, Dapatkan Promo THR Saat Beli Tiket Disini

Kandungan glukosa dan fruktosa yang tinggi dalam kurma merupakan bentuk gula sederhana yang tersedia untuk tubuh sebagai sumber energi.

Setelah mengetahui manfaat susu dan kurma, kini Kawan Puan dapat memilih perbekalan yang praktis dalam kemasan seperti susu kurma yang mudah dibawa dan dapat dinikmati oleh seluruh keluarga kapan saja, di mana saja.

Dengan cara ini Anda dan keluarga mendapatkan nutrisi penting yang dapat Anda jaga agar tetap fit dan tahan lama dalam perjalanan pulang, bahkan saat Anda sedang bepergian.

4. Istirahatlah saat lelah

Perjalanan panjang dapat menyebabkan kelelahan. Berkendara pulang dengan mobil pribadi, jika merasa lelah sebaiknya segera istirahat.

Banyak tiang-tiang khusus yang disediakan pemerintah yang bisa digunakan untuk momen istirahat, selain rest area yang tersebar di sekitar area jalan tol.

Istirahat setidaknya selama 15 menit dan regangkan gerakan. Peregangan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengatasi rasa lelah dan pegal-pegal pada tubuh, sehingga Anda dapat melakukan perjalanan dengan lebih segar setelahnya.

Itulah beberapa tips menjaga stamina dan ketekunan yang bisa diterapkan untuk membuat mudik dan keluarga bahagia. Selamat mencoba dan selamat sampai tujuan!

Jaga Stamina Saat Mudik Perhatikan 4 Hal Ini Agar Tetap Fit
4 days ago konsumsilah karbohidrat kompleks seperti nasi kentang atau roti gandum sebagai sumber energi dan pastikan lengkapi dengan protein hewani

Tips Menjaga Stamina Tubuh Saat Berpuasa Agar Tidak Lemas Di
Agar tubuh bisa terhindar dari lemas dan lesu akibat dehidrasi konsumsilah minimal 8 gelas air putih setiap hari dengan pola 2 4 2 dua gelas saat sahur empat

Jenis Jenis Zakat Dan Ketentuannya Prudential Indonesia
Zakat dibayarkan dengan 3 5 liter makanan pokok dari daerah tempat anda tinggal dalam hal ini di indonesia adalah beras selain zakat fitrah ternyata

Beginilah Cara Menjaga Produktivitas Kerja Selama Wfh
Kalau kamu merasa lelah karena bekerja seharian sebaiknya kamu mulai untuk menerapkan teknik pomodoro ini agar tubuh dan pikiran tetap fresh serta mampu

Jaga Stamina Saat Mudik Perhatikan 4 Hal Ini Wartapakwan Co Id
3 days ago jaga stamina saat mudik perhatikan 4 hal ini agar tetap fit selama perjalanan middot you might also like middot nyesek baru saja bikin tato nama pacar

Jaga Stamina Saat Mudik Lebaran Perhatikan 5 Hal Ini Solopos Com
2 days ago 3 persiapkan stamina dengan istirahat cukup dan olahraga apapun pilihan moda transportasi yang hendak digunakan nantinya penting untuk

Anti Loyo Ini Tips Jaga Stamina Biar Fit Selama Perjalanan Mudik
6 days ago 1 istirahat yang cukup middot 2 lakukan peregangan perjalanan panjang rawan sekali membuat tubuh jadi pegal dan lemas middot 3 siapkan kit p3k middot 4 jaga

Leave a Reply

Your email address will not be published.